PowerMockup : Mockup dengan PowerPoint

Sabtu, April 30

Pada posting kali ini akan membahas salah satu tools untuk membuat mockup atau prototype dari project yang akan kita buat. Setiap kali kita ingin membuat suatu project ada baiknya jika kita terlebih dahulu membuat rancangan dari project yang akan kita buat, rancangan itu sendiri biasa di sebut mockup atau prototyping dari project kita.

Dari sekian banyak tools untuk membuat mockup yang ada saat ini biasanya merupakan suatu program yang stand alone atau berdiri sendiri, jadi kita harus nginstall program itu di laptop kita. Selain makan memori mungkin juga wokspace yang ditampilkan belum akan familiar dengan kita.

Maka dari itu, ada satu mockup tools yang beda dari biasanya. Nama program tersebut adalah PowerMockup. Kenapa beda?, karna mockup tools kali ini bukan merupakan program stand alone, mockup tools ini berupa add-on dalam Microsoft PowerPoint. Jadi setelah kita install, tools ini akan jadi fungsi tambahan di dalam PowerPoint itu sendiri, yang tadinya PowerPoint hanya digunakan untuk membuat presentasi setelah kita install PowerMockup maka kita dapat membuat mockup di dalam powerpoint kita semudah membuat file presentasi di PowerPoint!, kita hanya perlu drag and dropkomponen yang kita inginkan di mockup project kita.

Untuk mulai menggunakan PowerMockup, download terlebih dahulu file instalasi nya melalui alamat berikut ini https://www.powermockup.com/, disana anda akan melihat tampilan depan halaman web mereka seperti gambar dibawah ini. Anda juga dapat langsung mendownload file instalasi nya dengan klik disini.




File tersebut merupakan versi trial dari PowerMockup. Setelah di download langsung aja di install seperti biasa. Jika proses instalasi sudah selesai, kita dapat langsung buka PowerPoint untuk membuat mockup project kita menggunakan PowerMockup.





Seperti yang bisa dilihat diatas, pada PowerPoint kita sekarang terdapat tab baru bernama POWERMOCKUP dan saat kita klik Show Shape Panel maka akan muncul jendela PowerMockup Shapes disebelah kanan layar PowerPoint seperti gambar diatas.

Pada bagian bawah panel PowerMockup Shapes terdapat opsi “Download More Shape”, disitu kita dapat mendownload shapes lain yang kita butuhkan jika dirasa perlu. Disini saya akan mencontohkan kita akan mendownload shape untuk Android versi 5 (Material Design) dengan cara memilih Android 5 Phone Mockup Shape pada listPowerMockup Shapes disebelah kiri kemudian klik tombol Download Now untuk mendownload shapes mockup Android versi 5 tersebut. Kita juga dapat mendowload mockup shapes yang lainnya jika perlu.





Setelah kita download shapes yang kita butuhkan, kita dapat langsung membuat mockup untuk project kita. Misalkan kita ingin membuat sebuah aplikasi Android yang menampilkan foto. PowerMockup sudah menyediakan mockup untuk beberapa layout seperti Contact, Gallery, Inbox, dll. Kita bisa menggunakan shape gallery pada example layout dengan cara drag and drop shape Gallery tersebut ke dalam lembar presentasi kita. Kita juga dapat menambahkan shape lain seperti Floating Button kedalam mockup yang sedang kita kerjakan dengan cara yang sama yaitu drag and dropkedalam lembar presentasi kita.





Selain untuk membuat mockup aplikasi Android, kita juga dapat membuat mockup untuk aplikasi pada perangkat iPhone, Windows Desktop, dan juga Website dengan menggunakan PowerMockup. Satu program untuk semua jenis mockup J !



PowerMockup juga menyediakan shape Line Icon yang berisi banyak icon-icon yang umum digunakan baik itu action icon, alert icon, mobile icon, bahkan sampai imoticons icon juga tersedia dan tentunya dapat langsung digunakan untuk mockup project kita.


Jika anda ingin memiliki full version dari PowerMockup anda dapat langsung memesannya di alamat berikut ini https://www.powermockup.com/order dengan memilih paket pembelian yang sesuai dengan kebutuhan anda baik itu INDIVIDUAL, SMALL TEAM, TEAM, ataupun ENTERPRISE. Tidak seperti program mockup lain yang ada di internet dengan sistem berlangganan yang artinya anda harus membayar tiap bulan atau tahun untuk menggunakan produk tersebut, pada PowerMockup anda hanya cukup membayar sekali atau one-time fee untuk menggunakan PowerMockup selama yang anda mau J.   

2 komentar:

  1. boleh juga dicoba untuk project nanti

    BalasHapus
  2. Anonim30/4/16

    alternative yang bagus (y)

    BalasHapus

 
dinding belakang © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger