Tugas Softskill III

Selasa, Desember 23

Nama  : Pradio Eka Putra
NPM   : 55412681
Kelas : 3IA18

Tampilan awal Blender 2.5 Beta
Blender

Blender adalah perangkat lunak untuk pengolahan grafik, terutama grafik 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dll.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.

Sejarah

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

Fitur

1. Modeling
2. Rigging
3. Sculpting
3. Animasi
4. Rendering
5. Video Editing
6. Realtime 3D/Game Creation, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi

Spesifikasi komputer yang diperlukan untuk menjalankan Blender juga terbilang kecil, yaitu:
  • 32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
  • 2GB RAM
  • 24 bits 1280×768 display
  • Mouse or Trackpad
  • OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Blender :
  1. Plugins converter yang cukup banyak.
  2. Tidak memerlukan ruang kapasitas yang banyak.
  3. Tidak berat saat melakukan render untuk membuat animasi.
  4. Multiplatform
  5. Dukungan komunitas
  6. Free
Kekurangan Blender :
  1. Tool yang disediakan tidak selengkap 3ds Max.
  2. Semua dilakukan secara manual.
  3. User Interfacenya cukup berantakan.
Blender sangat cocok digunakan oleh siapapun khususnya pengguna yang ingin mulai mempelajari pemodelan grafik.



Referensi:


0 komentar:

Posting Komentar

 
dinding belakang © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger