Tugas Softskill III
Selasa, Desember 23
Blender adalah perangkat lunak untuk pengolahan grafik, terutama grafik 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender
dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga
memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dll.
Perangkat
lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat
diambil siapa saja. Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan
logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Sejarah
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai
perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah
berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan
salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain
bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan
software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang
pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki
potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998
Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan
dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan
sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat
digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan
kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang
lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender
Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka
penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan
waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama
Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan
dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender
dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan
Blender tersu berlanjut hingga saat ini.
Fitur
1. Modeling
2. Rigging
3. Sculpting
3. Animasi
4. Rendering
5. Video Editing
6. Realtime 3D/Game
Creation, dan masih banyak lagi.
Spesifikasi
Spesifikasi
komputer yang diperlukan untuk menjalankan Blender juga terbilang kecil, yaitu:
- 32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support.
- 2GB RAM
- 24 bits 1280×768 display
- Mouse or Trackpad
- OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Blender :
- Plugins converter yang cukup banyak.
- Tidak memerlukan ruang kapasitas yang banyak.
- Tidak berat saat melakukan render untuk membuat animasi.
- Multiplatform
- Dukungan komunitas
- Free
Kekurangan Blender
:
- Tool yang disediakan tidak selengkap 3ds Max.
- Semua dilakukan secara manual.
- User Interfacenya cukup berantakan.
Blender sangat cocok digunakan oleh siapapun
khususnya pengguna yang ingin mulai mempelajari pemodelan grafik.
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar