Tugas Softskill II

Rabu, November 12

Nama  : Pradio Eka Putra
NPM   : 55412681
Kelas  : 3IA18

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Desain Pemodelan Grafis

Sebelum kita mengetahui pengaruh kebudayaan dan teknologi terhadap desain pemodelan grafis, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu desain pemodelan grafis. Desain pemodelan grafis sendiri merupakan teknik membuat sebuah objek dan memanipulasi gambar. Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Saat ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca, film atau dalam iklan yang ada di televisi.

Kebudayaan dan Teknologi negara satu dengan yang lain mempunyai tingkat dan jenis yang berbeda-beda. Kita ambil contoh 2 negara yang mempunyai ciri khas budaya dan teknologi yang sama-sama sudah maju yaitu jepang dan amerika. Jepang seperti yang kita tahu merupakan negara yang kental dengan kebudayaan dan teknologi yang maju serta amerika yang walaupun kebudayaan mereka tidak sekuat jepang dikarnakan kehidupan yang heterogen dan banyaknya pendatang yang datang ke negara mereka namun amerika selalu menjadi negara pusat perhatian dalam kemajuan teknologi.


Kita mengenal kartun Manga jepang dengan ciri khas karakter yang mempunyai model rambut yang khas dan penuh warna dan mayoritas dari karakternya merupakan bentuk 2D berbeda dengan amerika yang lebih mengarah ke bentuk superhero dengan beragam jenis dan karakter-karakter fantasi yang memiliki ciri khas tersendiri. Perbedaan dari dua jenis karakter dari bentuk desain pemodelan grafis kedua negara pada contoh diatas merupakan pengaruh dari kebudayaan dan teknologi mereka masing-masing yang memiliki ciri khas tersendiri.


Bidang Studi yang Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis

·                     Psikologi
Perilaku dan kognitif dikonsentrasikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif, dan keahlian mengontrol motorik. Uuntuk mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguanaan manusia, pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia dan komputer.

·                     Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dengan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.

·                     Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia dengan komputer pada struktur lingkungannya.

·                     Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dengan komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya pada kantor. Antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer. Contohnya tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.

·                     Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia dengan komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan "bahasa alami", suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, serta digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia dengan komputer. Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan "Prinsip Usaha Manusia Terakhir"  (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer, dan teknik elektronika.


Manfaat Desain Pemodelan Grafis

·                     Budaya
Desain pemodelan grafis dalam hal hal budaya dapat diliat pada pahatan batu-batu candi di Indonesia, tenun, dan desain gambar pada batik.

Pada pahatan batu-batu candi, biasanya terdapat gambar-gambar mengenai kehidupan manusia pada masa lalu atau kisah mengenai sejarah candi tersebut. Sedangkan untuk batik, gambar yang disediakan berasal dari binatang, tanaman, bahkan hingga bentuk manusia, awan, relief, dan logo tim sepak bola

Jadi, dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafis pada bidang budaya berguna untuk menggambarkan sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.

·                     Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan sebagai bahan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa bisa lebih menangkap materi yang diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi dapat pula melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia, dan sebagainya.

·                     Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan, sampai sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

·                     Perancangan
Desain pemodelan grafis memiliki fungsi yang sangat penting dalam perencanaan, misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan, dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

·                     Teknologi
Desain grafis, dalam teknologi merupakan satu kesatuan yang akan memberikan kekuatan dan keindahan pada teknologi tersebut. Teknologi mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk desain.


Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
dinding belakang © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger