Tugas Softskill II
Rabu, November 12
NPM : 55412681
Kelas : 3IA18
Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Desain Pemodelan Grafis
Sebelum kita mengetahui pengaruh
kebudayaan dan teknologi terhadap desain pemodelan grafis, kita harus terlebih
dahulu mengetahui apa itu desain pemodelan grafis. Desain pemodelan grafis
sendiri merupakan teknik membuat sebuah objek dan memanipulasi gambar. Proses
ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Saat ini, komputer grafis
menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek
kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi,
di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca, film atau dalam iklan
yang ada di televisi.
Kebudayaan dan Teknologi negara satu dengan yang lain mempunyai tingkat dan jenis yang berbeda-beda. Kita ambil contoh 2 negara yang mempunyai ciri khas budaya dan teknologi yang sama-sama sudah maju yaitu jepang dan amerika. Jepang seperti yang kita tahu merupakan negara yang kental dengan kebudayaan dan teknologi yang maju serta amerika yang walaupun kebudayaan mereka tidak sekuat jepang dikarnakan kehidupan yang heterogen dan banyaknya pendatang yang datang ke negara mereka namun amerika selalu menjadi negara pusat perhatian dalam kemajuan teknologi.
Kita mengenal kartun Manga jepang dengan ciri khas karakter yang mempunyai model rambut yang khas dan penuh warna dan mayoritas dari karakternya merupakan bentuk 2D berbeda dengan amerika yang lebih mengarah ke bentuk superhero dengan beragam jenis dan karakter-karakter fantasi yang memiliki ciri khas tersendiri. Perbedaan dari dua jenis karakter dari bentuk desain pemodelan grafis kedua negara pada contoh diatas merupakan pengaruh dari kebudayaan dan teknologi mereka masing-masing yang memiliki ciri khas tersendiri.
Bidang Studi yang
Berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
·
Psikologi
Perilaku
dan kognitif dikonsentrasikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi,
proses kognitif, dan keahlian mengontrol motorik. Uuntuk mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguanaan manusia, pengalaman psikologi
menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini
subjektif dari sistem manusia dan komputer.
·
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dengan aspek fisik
dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
·
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia
dengan komputer pada struktur lingkungannya.
·
Antropologi
Antropologi (Ilmu
Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dengan
komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya
pada kantor. Antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer. Contohnya tim kerja
desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
·
Ilmu Bahasa
Komunikasi
manusia dengan komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai
jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan "bahasa alami", suatu
bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu
bahasa grafis. Ilmu bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti
halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu
komputer, serta digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari
dialog-dialog manusia dengan komputer. Teori komunikasi matematis, seperti
halnya Usaha (Shannon, 1948) dan "Prinsip Usaha Manusia
Terakhir" (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu
bahasa, ilmu komputer, dan teknik elektronika.
Manfaat Desain Pemodelan Grafis
·
Budaya
Desain
pemodelan grafis dalam hal hal budaya dapat diliat pada pahatan batu-batu candi
di Indonesia, tenun, dan desain gambar pada batik.
Pada
pahatan batu-batu candi, biasanya terdapat gambar-gambar mengenai kehidupan
manusia pada masa lalu atau kisah mengenai sejarah candi tersebut. Sedangkan
untuk batik, gambar yang disediakan berasal dari binatang, tanaman, bahkan
hingga bentuk manusia, awan, relief, dan logo tim sepak bola
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafis pada bidang budaya berguna
untuk menggambarkan sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
·
Pendidikan
Grafik
komputer pada pendidikan digunakan sebagai bahan untuk mempresentasikan objek-objek
pada siswa secara nyata. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa bisa
lebih menangkap materi yang diajarkan, tidak hanya teori saja tetapi dapat pula
melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,
ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia, dan sebagainya.
·
Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di televisi banyak menggunakan
grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan, sampai sinetron
sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek
animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
·
Perancangan
Desain
pemodelan grafis memiliki fungsi yang sangat penting dalam perencanaan, misalnya
digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan, dan
lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.
Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama
seperti aslinya.
·
Teknologi
Desain
grafis, dalam teknologi merupakan satu kesatuan yang akan memberikan kekuatan
dan keindahan pada teknologi tersebut. Teknologi mempengaruhi perkembangan
dalam gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya
tercermin dalam bentuk desain.
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar