Cloud Computing

Rabu, Januari 6

Cloud computing atau komputasi Awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer.



Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Cloud computing memiliki banyak manfaat dalam pengoprasiannya, pengguna dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain dalam lingkungan yang sama untuk mengembangkan data ataupun aplikasi, selain itu kita mendapatkan manfaat ekonomi dengan adanya cloud computing.



Aplikasi Berbasis Cloud Computing

  •  Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage yang digunakan untuk menyimpan file-file pada cloud. Layanan ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit file yang jenisnya didukung, seperti Office dan gambar melalui Google Docs. Pada Google Drive, pengguna hanya perlu memiliki akun Gmail untuk dapat menggunakan fasilitas ini, Google Drive adalah satu di antara fasilitas yang disediakan oleh Gmail. Fasilitas yang diluncurkan pada 24 April 2012 ini sebenarnya pengembangan secara lanjut dari Google Docs. File yang tersimpan pada Google Drive dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun hanya dengan bantuan desktop, laptop, ataupun smartphone. Google Drive juga tersedia dalam bentuk aplikasi desktop yang membuat file dalam komputerakan tersinkronisasi secara otomatis antara file dalam komputer dengan file dalam Google Drive.

  • Dropbox

Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.

Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi. Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams", sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya. "Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.

Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Cloud Computing http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html diakses tanggal 06 Desember 2016.

Komputasi Awan. Dalam www.id.wikipedia.org diakses tanggal 6 Desember 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

 
dinding belakang © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger